Kamis, 23 Januari 2014

Kotak CANTIK dari Origami



Seringkali kita melihat kesulitan lebih dulu tanpa memikirkan hasil yang diperoleh ketika kita berhasil melalui prosesnya. Atau mungkin kita terlalu cepat mengatakan, “ Sulit ah, rumit....” padahal belum dicoba. Nah, demikian juga dengan kotak cantik nan mungil ini.
Bagi yang belum pernah belajar melipat maka akan sangat kesulitan untuk menyelesaikannya. Sebab butuh kesabaran dan keterampilan untuk melipat lalu menyatukannya menjadi sebuah kotak. Namun, bagi kamu-kamu yang senang dengan dunia keterampilan, pernak-pernik dan sebagainya, kesulitan ini justru membuat kamu semakin tertantang untuk segera mencobanya.
Baiklah, bagi kamu-kamu yang ingin mencoba silahkan simak langkah-langkah berikut ini.
a.       Sediakan delapan buah origami dengan dua warna yang berbeda ( misal: kuning 4 dan biru 4), karena untuk membuat satu kotak kamu butuh delapan kertas (4 untuk kotak bagian bawah dan 4 untuk kotak bagian atas). Sebenarnya kita bisa memakai satu warna saja untuk kedelapan kertas tersebut dan hasilnya akan berwarna polos. Nah, untuk membuat kotak menjadi cantik dan menarik maka warna harus dikombinasikan. Terserah ingin mengkombinasikan warna apa saja sesuai selera.
b.      Setelah itu, ambil satu lembar kertas pertama (misal:biru) dan lipatlah dengan mengikuti langkah-langkah seperti yang ada di gambar. Berikut keterangannya:
1.      Kertas dibentangkan dengan posisi warna biru di atas
2.      Lipat ke bagian dalam (putih) sehingga menjadi berbentuk segitiga sama sisi. Perhatikan sudut-sudutnya agar sama rata dan simetris agar hasilnya rapi dan baik.
3.      Lipat kembali ke arah kiri sehingga membentuk segitiga siku-siku. Pastikan hasil lipatannya kelihatan saat dibuka karena akan membantu lipatan selanjutnya.
4.      Setelah itu buka lipatannya sehingga kertas terbentang kembali seperti sebelum dilipat hanya saja pada poin ini, bagian kertas yang berwarna putih berada di atas dan ada bekas lipatannya. Posisikan kertas seperti gambar no 4 lalu lipat kertas dari sudut bawah ke titik tengah sehingga bagian berwarna biru membentuk segitiga kecil.
5.      Buka lipatan segitiga yang kecil tadi lalu tarik sudut atas kertas ke batas lipatan segitiga yang kecil itu (lihat gambar)
6.      Kemudian lipat kertas ke arah belakang dengan simetris lalu posisikan seperti gambar no.6
7.      Lipat dua bagian kertas yang berwarna putih ke atas (yang dilipat hanya yang bagian putih). Kalau dilihat, bagian kertas yang berwarna biru membentuk segitiga siku-siku dengan sudut siki-siku di atas.
8.      Nah lipat kertas dengan memposisikan sudut kiri kertas yang berwarna biru (sudut ujung kiri atas) ke sudut siku-siku tekan lipatannya ke bawah. Hasilnya akan seperti gabar no. 8
9.      Lipatan terakhir, tarik bagian bawah kertas ke atas sehingga membentuk sudut siku-siku juga dan hasil akhirnya akan membentuk persegi panjang yang tegak.
10.  Selesai proses melipat. Sekarang buka lipatan yang membentuk sudut siku-siku atas dan bawah. Posisikan seperti gambar.
Lakukan hal yang sama pada kertas-kertas berikutnya sampai selesai melipat kertas yang kedelapan.
c.       Setelah selesai melipat semua kertas yang dibutuhkan, maka tahap selanjutnya adalah menyatukan hasil lipatan-lipatan itu. Cara menyatukannya adalah: masukkan bagian yang runcing (bersudut lancip) pada kertas berwana biru ke dalam kertas yang berwarna kuning pada sisi yang membentuk persegi panjang dari arah samping. Lakukan cara yang sama untuk kertas berikutnya sampai membentuk kotak. Warna harus diselang seling (biru-kuning-biru-kuning). Makan akan terbentuk kotak pertama dan untuk membuat kotak ke dua langkahnya sama.
d.      Setelah dua kotak terbentuk (kotak atas dan bawah), lalu satukanlah kedua kotak tersebut. Masukkan kotak pertama kedalam kotak kedua. Dan............selesai...... hasilnya bisa dilihat pada gambar no.11.
hehee.... maaf contoh hasil yang ada pada no.11 warnanya berbeda dengan contoh. Nah, kamu bisa juga bisa bikin kombinasi dengan warna lain.
Kenapa harus origami yang dua warna(ada putihnya)? Sebenarnya tidak harus. Akan tetapi, jika kita memakai origami yang warnanya timbal balik (tidak ada putihnya), maka hasilnya akan biasa saja, tidak akan terlihat motifnya (polos saja).
Demikianlah langkah-langkah membuat kotak CANTIK dari Origami. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu-kamu yang senang sekali dengan keterampilan. Salam dari saya, Vivi Suryani. Selamat mencoba...



Tidak ada komentar :

Posting Komentar